Pages

Sabtu, 21 Mei 2016

PERLINDUNGAN ASPEK CONFIDENTIALITY, INTEGRITY, AVAILABILITY PADA ISMS

APA ITU ISMS ?
Information Security Management System (ISMS) atau yang di Indonesia biasa disebut sebagai SMKI (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) adalah sebuah rencana manajemen yang menspesifikasikan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk implementasi kontrol keamanan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. ISMS diprogram untuk melindungi asset informasi dari seluruh gangguan keamanan.
contohnya ISO 27001 adalah sebuah metode khusus yang terstruktur tentang pengamanan informasi yang diakui dengan secara internasional. ISO 27001 merupakan dokumen standar sistem manajemen keamanan  Information Security Management System biasa disebut dengan ISMS, yang memberikan gambaran secara umum mengenai yang harus dilakukan oleh  perusahaan dalam usaha mereka untuk mengevaluasi, mengimplementasikan dan memelihara keamanan informasi di perusahaan yang berdasarkan ”best practise” dalam pengamanan informasi.
Pengamanan informasi adalah suatu memproses perlindungan terhadap informasi untuk memastikan beberapa hal berikut ini:
•             Kerahasiaan (confidentiality): memastikan bahwa informasi hanya mendapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
•             Integritas (integrity): memastikan bahwa informasi tetap ketelitian dan lengkap, serta informasi tersebut tidak dimodifikasi tanpa otorisasi yang jelas.
•             Ketersediaan (availability): menentukan bahwa informasi dapat diakses oleh pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
Pengamanan informasi tersebut dapat ditentukan dengan melakukan suatu kontrol yang terdiri dari kebijakan, proses, prosedur, struktur organisasi, serta fungsi infrastruktur TI.
Sedangkan Information Security Management System (ISMS) adalah suatu cara untuk melindungi dan mengelola informasi berdasarkan pendekatan yang sistematis terhadap risiko bisnis, untuk mempersiapkan, mengimplementasikan, mengoperasikan, mengawasi, meninjau kembali, memelihara, serta meningkatkan pengamanan informasi. ISMS merupakan suatu pendekatan secara organisasi untuk pengamanan informasi.
1.        Plan: adalah proses membangun ISMS dengan cara mengaplikasikan kebijakan-kebijakan dan objektif-objektif dari ISMS termasuk membangun prosedur yang menitikberatkan pada mengelola risiko.
2.        Do: Adalah proses mengimplementasi dan mengoperasikan ISMS yang telah direncanakan di langkap sebelumnya.
3.        Check: adalah proses pemantauan/monitoring dan peninjauan/reviewing ISMS dengan cara mengukur performa terhadap kontrol yang telah diaplikasikan, termasuk kebijakan, dan pada akhirnya mengeluarkan hasilnya untuk ditinjau oleh manajemen.
4.        Act: berdasarkan peninjauan dari manajemen dari langkah sebelumnya, peningkatan dari ISMS yang telah diaplikasikan akan mengambil tempatnya.








 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS).
Faktor pokok dari proses ini adalah sebagai berikut:
• Gambarkan suatu kebijakan keamanan
• Gambarkan lingkup ISMS
• Lakukan suatu penilaian resiko
• Atur resiko itu
• Pilih sasaran hasil kendali dan mengendalikan untuk diterapkan
• Siapkan suatu statemen yang dapat dipakai (applicabilas).
Dan dibawah ini adalah flowchart dari ISMS :

Derajat tingkat jaminan keamanan diperlukan untuk dicapai melalui suatu pengendalian bahwa manajemen menciptakan dan memelihara organisasi. Pengaturan   ke sepuluh kontrol  /  kendali yang ada pada ISO 17799 digunakan untuk mengimplementasikan suatu program keamanan informasiyang sukses, yaitu dengan:
1. Information Security Policy
Memanfaatkan kebutuhan bagi Kebijakan Keamanan Informasi untuk menyediakan arah manajemen dan dukungan bagi keamanan informasi. Keuntungan dari ini adalah Suatu target untuk suatu sistem keamanan yang efektif dapat diciptakan.
2. Security Organisation
 Struktur keamanan organisasi harus dengan jelas direncanakan.
Keuntungan adalah : kebutuhan keamanan internal dan eksternal dapat dikenali, dikendalikan dan dimonitor.
3. Asset Classification and Control (Penggolongan Asset dan Kendali Informasi ): ditugaskan suatu nilai, mencerminkan dampak pada kerugian yang mungkin dimiliki organisasi. Keuntunggannnya : Tingkat keamanan, sesuai melindungi nilai informasi, dapat diterapkan.

4. Personnel Security
Keamanan Personil Staff harus dilatih, relevan dengan area yang mendukung kebijakan keamanan ( mengidentifikasi pelanggaran atas kebijakan, staff vetting, persetujuan kerahasiaan dan tanggung-jawab individu untuk tugas spesifik).
 Cek Keamanan dapat dilaksanakan pada suatu basis reguler, dengan semua orang di dalam organisasi itu.
5. Physical and Environmental Security
Phisik dan Keamanan Lingkungan Safe-Keeping informasi, di semua lingkungan di mana itu digunakan atau disimpan, harus dikendalikan dan dimonitor. Keuntungannya :Resiko informasi gagal / kehilangan melalui pencurian, banjir dan lain lain adalah merupakan minimised.

6. Computer and Network Security
Komputer Dan Keamanan Jaringan Prosedur yang didokumentasikan harus menunjukkan yang sekarang dan informasi baru, aman dari kerugian, atau penyingkapan.
Keuntunggannya : Suatu program acara keamanan berkesinambungan pada tempatnya untuk melindungi informasi elektronik
7. System Access Control
Kendali Akses Sistem.Penekanan tertentu ditempatkan pada operasi sistem yang in-house dan rata-rata dengan masukan untuk system yang diperoleh. Keuntunggannya : Akses Unauthorised ke informasi dapat dikendalikan.
8. Systems Development and Maintenance
Pengembangan Sistem dan Pemeliharaan Semua sistem baru harus diuji dan dikendalikan dari lingkungan. Keuntungannya : ' Pintu belakang' mengakses ke informasi sekarang via suatu sistem baru harus dicegah.
9. Business Continuity Planning
Perencanaan Kesinambungan Bisnis harus disiapkan dan yang dibaharui untuk menilai orang agar dapat dipercaya setia di dalam sekarang dan lingkungan kerja yang ditinjau kembali. Keuntungannya : Kesadaran dari semua resiko keamanan potensial dapat dikendalikan dan dicapai.
10. Compliance
Pemenuhan Kebijakan Keamanan harus teraudit untuk memastikan bahwa itu mematuhi peraturan dan kebutuhan. Keuntunggannya : Undang-undang. Resiko penuntutan untuk yang  tidak memenuhi adalah minimised.
Maka bagi Perusahaan yang sudah mengembang;kan suatu Sistem Manajemen Keamanan Informasi ( ISMS) dapat menyesuaikan diri dengan ISO 17799 dan menunjukkan suatu komitmen keamanan informasi. Sertifikasi ini akan memberi kunci keuntungan organisasi / perusahaan  atas pesaing dengan menyediakan kredibilitas tambahan tidak ternilai. Ini memungkinkan suatu organisasi untuk  membuat suatu statemen publik kemampuan dan  akan juga memberi organisasi itu kepercayaan di dalam integritas dan keamanan tentang  sistem kepunyaan dan prosesnya  sebagai yang terukur ."
Adapun manfaat  proses keamanan informasi dalam Standard ISO 17799 bagi  perusahaan adalah sebagai  berikut:
• Suatu metodologi tersusun yang dikenali
• Proses yang digambarkan untuk mengevaluasi, menerapkan, memelihara, dan mengatur keamanan informasi
• Satu set kebijakan dikhususkan, standard, prosedur, dan petunjuk
• Sertifikasi mengijinkan organisasi untuk mempertunjukkan status keamanan informasi mereka sendiri
• Menunjukkan Sertifikasi “ Penelitian”

Secara internal keuntungan-keuntungan menerapkan suatu ISO 17799 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) dapat digunakan sebagai:
• Suatu pengukuran untuk keamanan perusahaan
• Satu set kendali
• Suatu metoda untuk menentukan target dan mengusulkan peningkatan
• Basis untuk standard keamanan informasi intern perusahaan

Organisasi menerapkan ISO 17799 mempunyai suatu alat untuk mengukur, mengatur dan mengendalikan  informasi yang penting kepada operasi system mereka. Pada gilirannya ini dapat mendorong kearah kepercayaan pelanggan, yang lebih efisien dan sistem internal efektif serta  suatu tanda kelihatan dari kesanggupan suatu organisasi .

Mengapa diperlukan keamanan informasi?
                Keamanan informasi memproteksi informasi dari ancaman yang luas untuk memastikan kelanjutan usaha, memperkecil rugi perusahaan dan memaksimalkan laba atas investasi dan kesempatan usaha. Manajemen sistem informasi memungkinkan data untuk terdistribusi secara elektronis, sehingga diperlukan sistem untuk memastikan data telah terkirim dan diterima oleh user yang benar.
Hasil survey ISBS (Information Security Breaches Survey) pada tahun 2000 menunjukkan bahwa sebagian besar data atau informasi tidak cukup terpelihara/terlindungi sehingga beralasan kerawanan. Hasil survey yang terkait dengan hal ini dapat dilihat dalam gambar berikut:

Survey tersebut juga menunjukkan bahwa 60% organisasi mengalami serangan atau kerusakan data karena kelemahan dalam sistem keamanan. Kegagalan sistem keamanan lebih banyak disebabkan oleh faktor internal dibandingkan dengan faktor eksternal. Faktor internal ini diantaranya kesalahan dalam pengoperasian sistem (40%) dan diskontinuitas power supply (32%).
Hasil survey ISBS tahun 2004-2006 menunjukkan bahwa terdapat banyak jaringan bisnis di Inggris (UK) telah mendapatkan serangan dari luar.

                Langkah-langkah untuk memastikan bahwa sistem benar-benar mampu menjamin keamanan data dan informasi dapat dilakukan dengan menerapkan kunci-kunci pengendalian yang teridentifikasi dalam standar ini.
Dasar Manajemen Keamanan Informasi
Informasi Sebagai Aset
                Informasi adalah salah satu aset bagi sebuah perusahaan atau organisasi, yang sebagaimana aset lainnya memiliki nilai tertentu bagi perusahaan atau organisasi tersebut sehingga harus dilindungi, untuk menjamin kelangsungan perusahaan atau organisasi, meminimalisir kerusakan karena kebocoran sistem keamanan informasi, mempercepat kembalinya investasi dan memperluas peluang usaha [1]. Beragam bentuk informasi yang mungkin dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi meliputi diantaranya: informasi yang tersimpan dalam komputer (baik desktop komputer maupun mobile komputer), informasi yang ditransmisikan melalui network, informasi yang dicetak pada kertas, dikirim melalui fax, tersimpan dalam disket, CD, DVD, flashdisk, atau media penyimpanan lain, informasi yang dilakukan dalam pembicaraan (termasuk percakapan melalui telepon), dikirim melalui telex, email, informasi yang tersimpan dalam database, tersimpan dalam film, dipresentasikan dengan OHP atau media presentasi yang lain, dan metode-metode lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan ide-ide baru organisasi atau perusahaan [2].
Informasi perlu dilindungi keamanannya
Informasi yang merupakan aset harus dilindungi keamanannya. Keamanan, secara umum diartikan sebagai “quality or state of being secure-to be free from danger”  [1]. Untuk menjadi aman adalah dengan cara dilindungi dari musuh dan bahaya. Keamanan bisa dicapai dengan beberapa strategi yang biasa dilakukan secara simultan atau digunakan dalam kombinasi satu dengan yang lainnya. Strategi keamanan informasi memiliki fokus dan dibangun pada masing-masing ke-khusus-annya. Contoh dari tinjauan keamanan informasi adalah:
•             Physical Security yang memfokuskan strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari berbagai ancaman meliputi bahaya kebakaran, akses tanpa otorisasi, dan bencana alam.
•             Personal Security yang overlap dengan ‘phisycal security’ dalam melindungi orang-orang dalam organisasi.
•             Operation Security yang memfokuskan strategi untuk mengamankan kemampuan organisasi atau perusahaan untuk bekerja tanpa gangguan.
•             Communications Security yang bertujuan mengamankan media komunikasi, teknologi komunikasi dan isinya, serta kemampuan untuk memanfaatkan alat ini untuk mencapai tujuan organisasi.
•             Network Security yang memfokuskan pada pengamanan peralatan jaringan data organisasi, jaringannya dan isinya, serta kemampuan untuk menggunakan jaringan tersebut dalam memenuhi fungsi komunikasi data organisasi.
                Masing-masing komponen di atas berkontribusi dalam program keamanan informasi secara keseluruhan. Keamanan informasi adalah perlindungan informasi termasuk sistem dan perangkat yang digunakan, menyimpan, dan mengirimkannya [2]. Keamanan informasi melindungi informasi dari berbagai ancaman untuk menjamin kelangsungan usaha, meminimalisasi kerusakan akibat terjadinya ancaman, mempercepat kembalinya investasi dan peluang usaha [3].


Sabtu, 07 Mei 2016

Kualitas Pelayanan E-Ticketing


1.Pengertian e-ticketing
E-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik airline. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan. E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan teknololgi informasi, internet kini muncul sebagai alternative system distribusi informasi travel. Internet merupakan m edium yang sempurna untuk menjual paket perjalanan, karena internet sanggup membawa jaringan supplier yang luas dan basis kostumer yang besar ke sebuah market place terpusat. Adapun pengertian lain yaitu E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Merupakan fasilitas pemesanan tiket online yang dirancang untuk membantu kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses ke sistem jenis ini .. Hal ini memungkinkan kelompok-kelompok masyarakat untuk meningkatkan kegiatan dan menjual tiket secara online melalui situs web Kingston Council.
E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs web. Tiket dapat dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. Orang tanpa akses ke internet dapat memesan tiket melalui internet publik di terminal atau perpustakaan di Pusat Informasi dan Visitor Centre.
Anda tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan ‘keamanan’ tiket penerbangan nantinya. Lupakan resiko hilangnya tiket, dicuri, tertinggal, atau bahkan tercebur air. Bahkan E-ticketing memungkinkan anda, membelikan tiket untuk kerabat pada saat mendadak. Kemudahan yang demikian ini, merupakan bukti komitmen Garuda Indonesia terhadap konsumennya.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem online. Anda harus mendaftar pada sistem pembayaran kami untuk menggunakan sarana. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan membantu Anda menyimpan data yang Anda telah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off daftar orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Anda perlu mendaftar sebelum Anda dapat mulai menjual tiket. Proses pendaftaran untuk meminta informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat yang harus membayar tiket pendapatan. Proses pendaftaran juga memerlukan anda untuk menerima syarat dan ketentuan untuk penjualan tiket on-line.


2. Manfaat e-ticketing
Saat ini hanya ada beberapa cara untuk membeli tiket untuk kegiatan kesenian masyarakat. Sistem ini akan memberikan Anda akses cepat dan mudah untuk berbagai macam acara melalui satu situs. Ini dapat digunakan untuk membeli tiket menggunakan kredit / kartu debit dan cek, yang banyak gerai tiket tidak dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini juga sepenuhnya aman.
Setiap organisasi yang perencanaan sebuah event dan bertanggung jawab untuk penjualan tiket untuk aktivitas dapat meningkatkan aktivitas di situs Web. Semua promoters yang mendaftar akan disetujui oleh administrator sebelum mereka dapat mulai menjual tiket sehingga hanya mereka yang dapat menunjukkan bahwa mereka yang utama Acara akan diizinkan untuk mempromosikan acara itu. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan aktivitas secara gratis dan menjual tiket untuk acara ke khalayak yang lebih luas.

 Hal ini juga berarti Anda tidak perlu membayar biaya untuk menyiapkan sistem ini atau administrasi itu. E-ticketing menyediakan banyak manfaat diantaranya :

1. Biaya Simpanan – Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos. Buruh Simpanan – Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket. Potong bawah pada upaya yang diperlukan untuk mengambil tiket untuk membeli Akan Panggil pesanan.

2. Aman dan Aman – E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.

3. Kehadiran sebenarnya Pelaporan – Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri Anda acara dan ketika mereka tiba.

4. Instant Pengiriman – Tiket pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.

5. Informasi tambahan – E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.

6. Periklanan – E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.

 Sementara mempertahankan standar keselamatan yang tinggi merupakan prioritas utama untuk memastikan keselamatan penerbangan, sejumlah maskapai layanan penuh telah mengadopsi e-tiket mereka sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. E-sistem tiket penumpang yang memungkinkan sebuah buku tiket pesawat untuk mendapatkan salinan mereka terima berisi catatan Penemu atau reservasi dan nomor e-tiket nomor. Bahwa e-tiket sangat menguntungkan bagi kedua perusahaan penerbangan dan pelancong. menghilangkan masalah ini dan biaya yang pelancong pengalaman ketika mereka kehilangan tiket kertas. Jika sebuah tiket boarding terputus, mendapatkan penggantian sering mudah seperti naik ke loket tiket dan memberikan Anda nomor konfirmasi untuk baru satu. Sementara untuk maskapai penerbangan, e-tiket adalah lebih murah dan lebih efisien metode pengelolaan tiket. Ia menghilangkan manual tugas yang diperlukan untuk proses dan account untuk kertas tiket penerbangan dan menyimpan biaya bahan lainnya, seperti tiket jaket. Seorang penumpang yang memegang e-tiket memiliki pilihan untuk check-in online dan cetak out nya tiket boarding di rumah atau di kantor. Layanan ini tersedia antara 30 jam dan satu jam sebelum penumpang jadwal keberangkatan. Dengan manfaat bagi kedua perusahaan penerbangan dan penumpang, maka tidak mengherankan bahwa semakin banyak perusahaan penerbangan yang menyiapkan sistem tiket elektronik – sesuatu yang telah mendapat respon antusias dari penumpang di seluruh dunia.

3. Keuntungan dan Kelemahan menggunakan E-Ticketing

Penggunaan E-Ticketing memiliki manfaat yang menguntungkan bagi penumpang maupun pihak KAI nya sendiri. Dilansir dari sebuah media, jelas sekali bahwa E-Ticketing sangatlah menguntungkan. Sebelum E-Ticketing diterapkan, penumpang harus rela mengantri panjang lebar demi mendapatkan tiket kereta api menuju suatu tempat tujuan. Tetapi setelah adanya E-Ticketing, para penumpang kereta api tidak perlu repot lagi untuk mengantri panjang lebar. Karena E-Ticketing mempermudah pelayanan masyarakat untuk mendapatkan tiket dengan cepat. Dengan kata lain, E-Ticketing memberikan solusi terhadap masalah-masalah penyebab kepadatan penumpang yang tinggi di stasiun-stasiun untuk mengantri pemesanan tiket kereta api.
Dari segi biaya, E-Ticketing dapat membantu mengurangi biaya proses pembelian tiket karena penumpang tidak perlu datang ke tempatnya langsung. Hanya cukup menggunakan fasilitas komputer dan internet atau pun call service. Dan hal tersebut tentu saja akan menghemat waktu serta dapat mengoptimalkan kenyamanan bagi penumpang. Masyarakat yang sibuk dan tidak mempunyai waktu karena aktivitas yang padat, tentunya akan menyambut hangat sistem E-Ticketing ini.

Namun sistem E-Ticketing ini juga memiliki beberapa kelemahan. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, internet memang sangat berperan penting di dalam kehidupan masyarakat. Bahkan untuk sebagian orang, internet pun dapat dijadikan suatu kebutuhan primer yang tidak dapat ditinggalkan. Karena dengan adanya internet, masyarakat sekarang ini akan mengetahui informasi-informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti tentang internet dan bahkan banyak masyarakat yang belum bisa mengoperasikan internet. Dengan kata lain, pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pemesanan tiket secara online pun tidak dapat diketahui oleh semua orang. Contohnya saja masyarakat yang tinggal di negara berkembang. Sangat disayangkan masih banyak yang belum bisa memanfaatkan keuntungan dari sistem E-Ticketing ini karena pengetahuan tentang internet yang masih kurang.


5. Langkah-langkah Proses Resevasi E-Ticketing Kereta Api

Pada proses E-Ticketing, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mempermudah user dalam melakukan pemesanan tiket secara online. Langkah-langkah E-Ticketing sangatlah praktis. Berikut akan dijelaskan proses pembelian online tiket kereta api melalui internet.













 Tampilan Website kereta-api.co.id

1. Pemesanan tiket secara online dilakukan melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT. KAI di www.kereta-api.co.id.

2. Kemudian user cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut.

3. Setelah itu user akan memilih waktu untuk menentukan jam keberangkatan (terdapat keterangan bisa dibooking yang artinya masih terdapat kursi dan keterangan habis).





4. Setelah mengisi data diri yang sesuai dengan identitas, calon penumpang/ user akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM.







5. Pembayaran di minimarket dapat dilakukan melalui Alfamart, Indomaret, atau kantor pos terdekat.

6.Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-Commerce BCA, CIMB Clicks, serta kartu kredit Visa / Master Card.

7.Setelah pembayaran pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail. Lalu cetak e-mail tersebut  dan tukarkan dengan tiket Kereta Api di stasiun terdekat. Pembelian melalui situs resmi PT. KAI dapat dilakukan untuk keberangkatan H-2 sampai H-90.

A.   Flow Chart E-Ticketing Reservasi Kereta Api












B.   Entity Relationship Diagram Pembelian Tiket Kereta Api (E-Ticketing)








C.  Penerapan Reservasi E-Ticketing dan Pembelian Langsung dalam SQL
Pertama-tama, user buka Run SQL Command Line. Lalu connect ke user universal nya. Dan buat user baru didalamnya.







 Lalu disconnect dari user universal, dan masuk kembali sebagai user yang bernama “hihi” dengan password yang sama juga yaitu “hihi”.







 Lalu kita buat tabel yang sudah ada di ERD dan ketik perintah desc untuk melihat tipe yang ada didalam tabel nya.






Sabtu, 16 April 2016

SIX SIGMA DAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

APA ITU SIX SIGMA?
Six Sigma yaitu suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management ( TQM ), sangat berfokus terhadap pengendalian kualitas dengan memahami  sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan kegagalan  suatu  produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan mehilangkan biaya. Six sigma juga disebut sistem komprehensive  yang bermaksud  yaitu strategi, disiplin ilmu, dan alat  untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis atau perusahaan.  Six Sigma disebut strategi karena berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu karena mengikuti produk formal,yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control )dan dapet  digunakan bersamaan dengan yang lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram.

Strategi yang dilakukan oleh Six Sigma adalah :
  •          Fokus pada Kepuasan dan Kebutuhan Pelanggan (Customer Focused)
  •         Menurunkan tingkat kegagalan produk (Reduce Defect)
  •          Berkisar di sekitar Pusat Target (Center around Target)
  •          Menurunkan Variasi (Reduce Variation)

Penggunaan Six Sigma sebagai Sistem Manajemen akan membantu organisasi dalam memahami dan mendapatkan solusi yang berdasarkan akar permasalahan.
Namun, pada kenyataannya menerapkannya belum bisa menjamin sebuah  organisasi untuk mencapai peningkatan kinerja yang tinggi.
Untuk itu, six sigma bisa dipakai juga sebagai praktek sistem manajemen yang fokusnya pada empat area:
  •          Memahami siapa pelanggan dan kebutuhan pelanggannya
  •          Menyeleraskan strategi dan proses-proses inti dalam memenuhi kebutuhan tersebut
  •          Menggunakan analisa data untuk memahami masalah
  •          Infrastruktur yang kuat, untuk menjamin jalannya aktivitas berjalan dengan lancer


APA ITU  TQM?
Total Quality Management disingkat dengan TQM merupakan suatu pendekatan yang melihat pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara aturan dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan. Proses Total Quality Management awal dari pelanggan dan berakhir pada pelanggan pula.

Menurut Tjiptono ,Total Quality Management atau TQM merupakan suatu pendekatan dalam perkembangan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan dalam proses atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya. Total Quality Management  merupakan sistem manajemen yang menaikan kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan memperlibatkan seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa pelanggan puas terhadap barang dan jasa yang diberikan, serta menanggung bahwa tidak ada pihak yang dirugikan.

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu konsep manajemen terbaru  yang berusaha untuk memberikan respon secara tepat terhadap setiap perubahan yang ada, baik yang didorong oleh eksternal maupun internal organisasi. Dasar pemikiran peiunya TQM sangatlah sederhana, yakni bahwa cara terbaik agar dapat bersaing lebih tinggi dalam persaingan global adalah dengan menghasilkan kualitas yang terbaik. karena itu, Total Quality Management  merupakan teori ilmu manajemen yang mengarahkan pimpinan organisasi untuk melakukan program perbaikan mutu secara berlanjut yang terfokus pada pencapaian kepuasan para pelanggan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SIX SIGMA
  1.  Six Sigma dapat diterapkan di bidang usaha apa aja mulai dari rencana  strategi sampai operasional hingga pelayanan pelanggan dilakukan secara maksimal
  2.   Six Sigma sangat berpotensi dalam bidang jasa atau non manufaktur, misalnya seperti bidang manajemen, keuangan, pelayanan konsumen, pemasaran, teknologi informasi dan sebagainya.
  3.    Dengan Six Sigma dapat lebih memahami sistem dan dapat memonitor dimana letak kesalahannya.
  4.  Six Sigma sifatnya tidak tetap. Bila kebutuhan pelanggan berubah, kinerja sigma juga akan berubah.

Selain itu, Six Sigma juga memiliki keuntungan dalam :
  •          Pengurangan biaya
  •          Perbaikan produktivitas
  •          Pertumbuhan bagian  pasar
  •          Pengurangan cacat
  •          Pengembangan produk / jasa

KEKURANGAN SIX SIGMA
·         Phobia terhadap statistik
Butuh wktu dan kemampuan untuk mempelajari statistic yang manjadi dasar Six Sigma.  Banyak orang langsung langsung males mendengar kata statistik.
·         Biaya pelatihan
Untuk memberi pelatihan kepada sejumlah orang atau beberapa orang membutuhkan biaya yang besar dan hanya perusahaan besar saja yang mampu membiayai program Six Sigma ini.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TQM (Total Quality Management)

Kelebihan TQM
  •   TQM tidak mempercayakan semata-mata pada perintah atasan yang memerintah. Oleh  karena  itu,  TQM  adalah  penting  untuk  menetapkan  kerjasama  di dalam  organisasi.
  •    Penerapan TQM merupakan suatu konsep yang menjawab kebutuhan masyarakat saat ini. Sehingga keinginan dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
  •    Penerapan TQM merupakan konsep yang mengajak seluruh masyarakat dan pemerintah untuk membangun bersama mutu pendidikan untuk lebih maju dan berkembang.

Kelemahan TQM
  •    Kualitas sering hanya dijadikan motivasi agar lebih maju, tetapi kenyataannya strategi usaha dan kinerja kurang.
  •     Pada banyak organisasi, apabila pemimpin meninggalkan perusahaannya, kualitas kemudian diabaikan.
  •    Banyak perusahaan yang membuat kualitas  tidak jelas dengan menetapkan tujuan tanpa memilki cara untuk memonitor kemajuan pencapaian tujuan tersebut.
  •    Banyak perusahaan yang membuat kualitas lebih kabur atau tidak jelas dengan menetapkan dalam tujuan yang berdampak positif tanpa memilki cara untuk memonitor kemajuan pencapaian tujuan tersebut.
  •  TQM merupakan aktivitas yang bersifat hanya di dalam departemen di banyak perusahaan. Masing-masing departemen mempunyai kebijakannya sendiri, sehingga tidak mencakup keseluruhan organisasi.

Sabtu, 02 April 2016

PENGERTIAN MANAJEMAN LAYANAN SISTEM INFORMASI



APA ITU MANAJEMAN ?
Manajeman adalah suatu seni dalam ilmu proses pengorganisasian seperti rencanaan, berorganisasian, gerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Dalam pengertian manajemen sebagai seni karena berfungsi untuk mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau manfaat sedangkan manajemen sebagai ilmu yang berfungsi untuk menjelaskan kejadian sehingga memberikan penjelasan yang sebenarnya.

Dalam bahasa inggris Manajemen yaitu "Manage" yang disebut berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan pengertian manajemen secara etimologis adalah melaksanakan dan mengatur.
Manajemen menurut George.R.Terry yang mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu prosesnya atau dikerangkain kerja yang melibatkan oleh bimbingan atau pengarahan dalam kelompok orang-orang ke arah tujuan dalam berorganisasional maksud yang nyata atau real.


APA ITU LAYANAN ?

Menurut saya adalah suatu tindakan yang menyediakan apa aja yang di butuhkan sama pihak tersebut. Suatu layanan memberikan layanan kepada kepada konsumen atau pihak tersebut. Dan seorang layanan harus kepuasaan terhadap pelanggan, pelayanan dengan mutu yang professional dapat memberikan kepuasaan pada pelanggan, sehingga pelanggan atau konsumen dapet lebih merasa diperhatikan akan keberadaan oleh pihak perusahaan. Dan layanan harus bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sampai akhir sehingga pelanggan bisa merasa puas. Layanan harus memberikan kamunikasi dengan jelas dan dapat mengerti keinginan pelanggan tersebut.



APA ITU SISTEM INFORMASI?

merupakan suatu kumpulan-kumpulan data yang terorganisasi beserta  tata cara penggunaan yang di dalam lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah  menyiratkan  maksudnya yang ingin dicapai dengan proses memilih dan mengatur data serta menyusun dengan tata cara penggunaanya. Keberhasilan suatu sistem informasi di ukur berdasarkan maksud pembuatannya tergantung pada tiga faktor tersebut yaitu : keserasian dam mutu data, pengorganisasian data, dan dengan tata cara pengguna untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan cara kerjanya sistem informasi berbeda tergantung pada macam keperluan atau permintaan yang harus dipenuhi. Suatau persamaan yang yang menonjol ialah di sistem informasi menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari beberapa sumber suatu system alih rupa atau disebut dengan (transformation) data sehingga jadi tergabung atau disebut (compatible).



PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI:

Suatu metode pengelolahan sistem teknologi  informasi yang secara proses yang digunakan untuk mengembangkan dan  merancanakan pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis atau perusahaan. Manajeman layanan sistem informasi merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen teknologi informasi dan interaksi pada bisnis yang terpusat di teknologi. istilah dari Manajeman Layanan Sistem Informasi tidak  dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa ini tidak jelas kapan dimulainya. Jadi Manajemen Layanan Sistem Informasi ini sangat penting karena  di butuhkan dalam perusahaan dalam perubahan lingkungan dan juga mencari strategi yang dapat mempengaruhi dalam organisasi atau dalam bisnis di perusahaan tersebut. Dan dapat juga mengumpulkan  informasi  penting terhadap kebutuhan manusia.

MANFAAT :
Manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah sebagai berikut :
·         Meningkatkan data yang sudah tersedia secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara di dalam sistem informasi.
·         Menjamin kualitas dan keterampilan dalam sistem informasi.
·         Mengembangkan prosesnya perancanaan yang sangat efektif.
·         Menggunakan sistem informasi dalam organisasi untuk proses dalam transaksi, mengurangi biaya, dan menghasilkan pendapat sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
·         Mengantisipasi dan dapat memahami konsekuensi ekonomi dari sistem informasi dan teknologi baru.

PERANAN :

Manajemen tidak dapat mengabaikan dalam sistem informasi karena sistem informasi melakukan peran yang kritikal dalam organisasi. Sistem informasi ini sangat mempengaruhi secara langsung bagaimana di dalam manajemen mengambil keputusan , membuat rencana, dan memproses para pengawainya, serta meningkatkan sasaran kinerja atau kemampuan yang hendak dicapai, yaitu bagaimana menetapkan standard an prosedur pelayanan baku kepada masyarakat. Oleh karena itu, tanggungjawab terhadap sistem informasi tidak dapat untuk didelegasikan begitu saja kepada sembarang pengambilan keputusan.

Sabtu, 24 Oktober 2015

Konflik Satpol PP Beringas Dengan Makam Habib Hasan Alhadad Priok Bertumpah Darah



JAKARTA (voa-islam.com) — Aksi pembongkaran makam Habib Hasan Alhadad yang populer dengan sebutan Mbah Priok, mendapat tentangan hebat dari warga setempat. Warga  menolak penggusuran lahan makam Mbah Priok karena makam ini menjadi tempat keramat dan bersejarah dalam sejarah umat Islam Betawi. Mbah Priok adalah ulama, mujahid dan juru dakwah Islam yang membawa Islam ke wilayah itu. Nama “Tanjungpriok” di Jakarta Utara itu pun diambil dari nama Mbah Priok.

  Aparat yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pun tak bisa dihindari. Keberingasan Satpol PP dan Polisi semakin memperkeruh suasana, mengakibatkan tertumpahnya darah di makam yang terletak di kawasan Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/4/2010).

Aksi saling lempar batu antara pihak aparat dan warga yang bertikai terus terjadi. Massa yang menguasai wilayah di sekitar Jalan Jampea Raya, Koja pun tak kalah beringas. Tak pelak, berbagai benda termasuk kendaraan bermotor, entah milik siapa, menjadi korban amukan massa dan dibakar di tengah jalan.

Di tengah Jalan Raya Jampea, oknum warga membakar beraneka benda, mulai dari sebuah sepeda motor, ban bekas, bangku-bangku dari mobil milik Satpol PP, hingga balok-balok kayu. Adapun di areal dekat pintu masuk Makam Mbah Priok, bentrokan masih saja terus terjadi. Di dalam sana juga terjadi aksi bakar-bakaran.

Tak hanya itu, bentrokan antara warga melawan Satpol PP dan polisi juga merembet hingga di depan RSUD Koja, Jalan Jampea, Jakarta Utara, atau sekitar 500 meter dari makam Mbah Priok.
...Makam Mbah Priok ditentang karena sangat bersejarah dalam sejarah umat Islam Betawi, Jakarta Utara. Mbah Priok adalah ulama, mujahid dan juru dakwah Islam yang membawa Islam ke wilayah itu...
Bentrok ini terjadi karena warga kesal dengan ulah Satpol PP di area Mbah Priok yang melakukan pemukulan terhadap warga.

Dalam bentrokan tersebut, puluhan warga merusak mobil Satpol PP yang ada di depan RSUD Koja. Mereka memecahkan kaca-kaca dan kemudian menggulingkan mobil tersebut di tengah jalan. Lalu lintas di jalan ini pun terputus.

Akibat aksi-aksi tak terkendali, wilayah Koja yang siang ini begitu terang karena matahari berubah menjadi "mendung" tertutup kepulan asap. Langit Koja tertutup asap hitam dari aksi bakar-bakaran yang terjadi.

Sementara itu, belasan korban terus berjatuhan. Semenjak siang, RS Koja Jakarta Utara tak henti-hentinya menerima korban yang terus berdatangan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bentrokan bakal segera berakhir.
...Makam itu merupakan situs sejarah umat Islam Betawi dan menjadi salah satu tempat wisata ziarah...
FUI Kecam Penggusuran Makam Mbah Priok
   Forum Umat Islam (FUI) menyesalkan tindakan Pemda DKI Jakarta menggusur pemakaman Mbah Priok, apapun alasannya.

"Makam itu merupakan situs sejarah umat Islam Betawi dan menjadi salah satu tempat wisata ziarah," ujar Sekjen FUI Muhammad Al Khatthath di Jakarta, Rabu.

Menurut Khatthath, makam tersebut punya nilai sejarah yang mengajarkan kepada umat Islam mengenai metode penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Mbah Priok. Jadi, apapun alasannya, penggusuran makam Mbah Priok tak dapat dibenarkan.
...Janganlah demi kepentingan bisnis para kapitalis, pemerintah memberangus sejarah umat Islam, tegas Khatthath...
"Janganlah demi kepentingan bisnis para kapitalis, pemerintah memberangus sejarah umat Islam," tegas Khatthath.

Khatthath mengaku dapat memahami kemarahan warga dan santri di sekitar makam Mbah Priok dalam menghadapi ratusan aparat yang brutal.

Sebab, mereka menganggap makam itu sebagai warisan budaya yang memiliki nilai sejarah. Mereka juga menganggap Mbah Priok sebagai wali. Karenanya, ia menyesalkan tindakan Pemda DKI Jakarta menggusur makam Mbah Priok.
 Satpol PP Beringas, Gubernur DKI Harus Tanggung Jawab
    Bentrokan antara Satpol PP dan polisi dengan warga di Priok itu adalah akibat kesalahan Gubernur DKI Fauzi Bowo dalam menerapkan strategi penanganan pembebasan lahan.

“IPW mengecam Gubernur DKI dalam penanganan pembebasan lahan yang tidak taktis. Gubernur perlu ditegur,” jelas Ketua Presedium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, Rabu (14/4/2010).

IPW menyayangkan kenapa dalam penanganamelakukann penggusuran yang mendapat penolakan massa ini. Satpol PP dikedepankan, sementara polisi seperti tidak berperan mengendalikan keamanan. Menurunkan Satpol PP berhadap-hadapan dengan massa, menurut Neta adalah kesalahan fatal. Sebab terbukti telah membuat konflik horizontal.

“Satpol PP tidak berhak melakukan pengamanan, itu tanggung jawab polisi. Kapolda Metro Jaya bisa mengingatkannya ke aparat pemda” katanya. Neta juga mendesak Gubernur untuk memecat Kepala Satpol PP, Hariyanto Badjuri karena dinilai bertanggung jawab atas amuk massa itu.
...Satpol PP mutlak dievaluasi, Gubernur harus bertanggung jawab. Satpol PP telah menjadi 'mesin pembunuh' bagi rakyat kecil, kata Hendardi...


“Gubernur harus menindak tegas dengan mencopot Kepala Satpol PP, karena dia yang bertanggung jawab,” katanya.

Pernyataan senada diungkapkan Setara Institute. Dalam rilisnya, Ketua Setara, Hendardi mendesak agar Satpol PP yang bertindak beringas itu dievaluasi dan Gubernur DKI Fauzi Bowo harus bertanggung jawab.

"Satpol PP mutlak dievaluasi, Gubernur harus bertanggung jawab," kata Hendardi, Rabu (14/4/2010).

Menurut Hendardi, pendekatan represif dan arogan harus diganti dengan pendekatan dialog.

"Satpol PP telah menjadi 'mesin pembunuh' bagi rakyat kecil," lanjut Hendardi.

Jika tindakan represif ini tidak bisa dihilangkan, Pemprov DKI harus mempertimbangkan untuk membubarkan Satpol PP. "Bila Satpol PP tidak bisa melakukan perbaikan dalam menjaga ketertiban warga negara, maka selayaknya Satpol PP dibubarkan saja," pungkasnya.

Kepala Satpol PP harus dipecat
   Kekerasan yang terjadi dalam penggusuran makam Mbah Priok, Jakarta Utara, membuat berang para anggota DPRD DKI Jakarta. Ida Mahmuda, salah satu anggota DPRD mendesak Gubernur DKI Fauzi Bowo untuk mencopot Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Haryanto Badjuri. 

"Gubernur harus mencopot Kepala Satpol PP. Bila tidak mau, Gubernur harus bertanggung jawab," kata Ida.
...Gubernur harus mencopot Kepala Satpol PP. Bila tidak mau, Gubernur harus bertanggung jawab...
Desakan ini disampaikan karena dalam aksi tersebut, Satpol PP bertindak sangat beringas kelewat batas. Sampai-sampai, seorang anggota DPRD yang mencoba mendamaikan kedua belah pihak yang berseteru, malah digebuki Satpol PP. Andika, Ketua Komisi A itu, selain  dilempari batu juga digebuki. Anggota Satpol PP terus menggebuknya, meski sudah berteriak-teriak, "Saya anggota DPRD, saya anggota DPRD!"

"Kami sedang negosiasi soal penertiban makan dengan pengelola, tiba-tiba hujan batu," kata Ida di lokasi. Akibatnya, tangan kiri Ida luka dan mengeluarkan darah. "Lihat tangan saya berdarah."

Satpol PP di Luar Batas Kewenangan
    Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ifdhal Kasim menyesalkan bentrokan antara Satpol PP dan warga terkait penggusuran lahan makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/4/2010).
Ifdhal mengatakan, tindakan kekerasan yang dilakukan Satpol PP merupakan pelanggaran HAM. "Kami menyesali apa yang dilakukan otoritas Pemerintah Kota Jakarta Utara sehingga menimbulkan korban jiwa," ujar Ifdhal kepada para wartawan, Rabu sore di Gedung Komnas HAM, Jakarta.
...Satpol PP yang telah menggunakan kewenangan di luar batas. Tindakan kekerasan yang dilakukan Satpol PP merupakan pelanggaran HAM...
Karenanya, Komnas HAM menghendaki agar peristiwa bentrok antara Satpol PP dan polisi dengan warga di sekitar makam Mbah Priok di Koja, diselidiki secara menyeluruh.

"Penyelidikan harus dilakukan pemerintah. Jika tidak, Komnas akan melakukan penyelidikan atas peristiwa ini," kata Ifdhal.




Dikatakan Ifdhal, harus ada yang bertanggung jawab pada peristiwa ini, terutama Satpol PP yang telah menggunakan kewenangan di luar batas. "Maka itu, harus ada tindakan hukum bagi anggota Satpol PP yang terbukti melakukan tindak kekerasan," ujarnya.
Saat ini, lanjut Ifdhal, Komnas telah menurunkan tim ke lapangan guna melakukan pemantauan. Hasil laporan pemantauan secara komprehensif akan disampaikan Komnas kepada publik dalam waktu singkat. [taz]



- Sumber: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2010/04/15/5088
-Sumber: http://www.KOMPAS.com

BEKERJA SAMA DALAM TEAM

TEORI ORGANISASI UMUM

Kelompok   5
Melani silva irawan(16114562)
Bagus kusumayuda(11114994)
Marthauli (16114431)
Resky Irvan S (19114083)
Rifaldi Dwi putra(19114342)



 BEKERJA SAMA DALAM TEAM


   A.    PENGERTIAN KELOMPOK DALAM TEAM
         
Secara harfiah  pengertian Kelompok  adalah   kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, menyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi.

Karakteristik  Kelompok

1.      Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik  secara verbal maupun non verbal.
2.        Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi    anggota suatu kelompok
3.       Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara  bersama dan berfungsi sebagai suatu unit.
4.       Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
5.        Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat  membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.

Tahap - tahap Pembentukan Kelompok

       a.      Tahap  Forminng
            Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota   kelompok cenderung         untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum saling mengenal         dan belum saling percaya

      b.      Tahap Storming
            Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.       Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota kelompok         saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka masing-masing

      c.       Tahap 3  Norming
            Terdapat kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab               telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring dengan mereka           melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok


      d.      Tahap 4  Performing
            Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada           konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling bergantung satu sama         lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi

      e.      Tahap Adjourning dan Transforming
            Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja kembali             pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan

 Kekuatan Teamwork
           
Teamwork merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa asosiasi dengan masing-masing melakukan bagian tetapi semua mensubordinasi keunggulan pribadi untuk efisiensi keseluruhan.


            Kerja sama tim didefinisikan sebagai perilaku-perilaku yang memfasilitasi interaksi anggota tim yang efektif, dengan tim didefinisikan sebagai sekelompok dua atau lebih individu yang melakukan beberapa tugas yang terkait dengan pekerjaan, berinteraksi satu sama lain secara dinamis, memiliki masa lalu bersama, memiliki berbagi masa mendatang, dan berbagi nasib .

 Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
         


GAMBARAN JALANNYA PROSES KOMUNIKASI DALAM SEBUAH TEAM

KOMUNIKASI INTERNAL
Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan dapat berjalan..
 Empat Dimensi Komunikasi organisasi

1. Downward communication
   Yaitu komunikasi yang berlangsung ketika orang-orang yang berada pada tataran manajemen
mengirimkan pesan kepada bawahannya.

  Fungsi arus komunikasi dari atas ke bawah ini adalah:
a)      Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)
b)       Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan
c)       Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)
d)      Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.

2. Upward communication
 Yaitu komunikasi yang terjadi ketika bawahan (subordinate) mengirim pesan kepada atasannya.

Fungsi arus komunikasi dari bawah ke atas ini adalah
a)      Penyampaian informai tentang pekerjaan pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakan
b)       Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan
c)      Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan
d)      Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.

    3. Horizontal communication
    Yaitu komunikasi yang berlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki                 kedudukan yang setara.

     Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:
    a)      Memperbaiki koordinasi tugas
    b)      Upaya pemecahan masalah
    c)      Saling berbagi informasi
    d)     Upaya pemecahan konflik
    e)     Membina hubungan melalui kegiatan bersama

4. Interline communication 
   Yaitu tindak komunikasi untuk berbagi informasi melewati batas-batas fungsional. Spesialis staf biasanya paling aktif dalam komunikasi lintas-saluran ini karena biasanya tanggung jawab mereka berhubungan dengan jabatan fungsional.

Manfaat Teamwork


1.      Pemecahan masalah Sebuah otak tunggal tidak dapat memantul ide yang berbeda dari satu sama lain. Setiap anggota tim memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi sama dan menawarkan perspektif unik mereka terhadap masalah untuk sampai pada solusi terbaik

2.      Menyelesaikan tugas-tugas lebih cepat Sebuah persaingan yang sehat dalam kelompok dapat digunakan untuk memotivasi individu dan membantu tim unggul.

3.      Mengembangkan Hubungan Sebuah tim yang terus bekerja sama akhirnya akan mengembangkan peningkatan tingkat ikatan

4.      Melalui kerja tim berbagi kualitas ini akan memungkinkan anggota tim untuk menjadi lebih produktif di masa depan.


Implikasi Manajeral

 Menurut kamus besar bahasa Indonesia implikasi mempunya arti yaitu akibat.
 Dalam manajemen sendiri terdapat 2 implikasi yaitu :     
  1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
  2. Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan
  3. Jadi implikasi manajerial memiliki arti Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif Dalam Organisasi manajerial yang baik.

Teori Managerial Grid

Teori dikemukakan oleh Robert K. Blake dan Jane S. Mouton yang membedakan dua dimensi dalam kepemimpinan, yaitu “concern for people” dan “concern for production”.   Teori ini mengenal 5 gaya kepemimpinan;

 Improvised
pemimpin menggunakan usaha yang paling sedikit untuk menyelesaikan tugas tertentu dan hal ini dianggap cukup untuk mempertahankan organisasi.

 Country Club
kepemimpinann didasarkan kepada hubungan informal antara individu artinya perhatian akan kebutuhan individu dengan persahabatan dan menimbulkan suasana organisasi dan tempo kerja yang nyaman dan ramah.

 Team
 kepemimpinan yang didasarka pada tekanan untama terletak pada kepemimpinan kelompok yang satu sama lain saling memerlukan. Dasar dari kepemimpinan kelompok ini adalah kepercayaan dan penghargaan

 Task
pemimpin memandang efisiensi kerja sebagai factor utama keberhasilan organisasi. Penampilan terletak pada penampilan individu dalam organisasi.

Midle Road
kepemimpinan yang menekankan pada tingkat keseimbangan antara tugas dan hubungan
  

 Proses pengerjaan

















Sumber: