Pages

Sabtu, 24 Oktober 2015

TEORI DASAR KOMUNIKASI

TEORI ORGANISASI UMUM



Kelompok   5

Melani silva irawan(16114562)
Bagus kusumayuda(11114994)
Marthauli (16114431)
Resky Irvan S (19114083)


Rifaldi Dwi putra(19114342)


TEORI DAN DASAR KOMUNIKASI

A.    PENGERTIAN  KOMUNIKASI


Secara harfiah, komunikasi berasal dari Bahasa Latin yaitu COMMUNIS yang berarti keadaan yang biasa, membagi. Dengan kata lain, komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.
           Secara umum pengertian  komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan atau berita (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Beberap pengertian komunikasi Menurut para ahli 
·         
   * Menurut Laswell pengertian komunikasi adalah sebuah proses yang memberikan gambaran siapa mengatakan apa dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
·         
   * Menurut Mr. Carl I. Hovland  bahwa pengertian komunikasi sebagai proses komunikator memberikan stimulan yang umumnya terdiri atas lambang lambang bahasa (verbal atau non-verbal) sehingga terjadinya perubahan tingkah laku penerima/orang lain.
·         
     * Menurut Mr. Theodorson pengertian komunikasi kepada wilayah ide dan emosi yaitu penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari satu individu kepada individu lain terutama melalui simbol simbol.

Berdasarkan beberapa pengertian komunikasi diatas , komunikasi digolongkan menjadi 3 Golongan utama  yaituParadigmatisTerminologis dan Etimologis

 Ø  Paradigmatis
Komunikasi secara paradigmatis adalah pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai tujuan tertentu
 Ø  Terminologis
Komunikasi secara etimologis adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seorang kepada orang lain
 Ø  Etimologis
     Komunikasi secara Etimologis adalah  komunikasi berasal dari "communicatio"(latin) dan comminis (latin) yang berarti sesuatu yang dikomunikasikan

Unsur pembangun berjalannya  suatu komunikasi yang baik
1.      Sumber  ,Yaitu pusat informasi atau pengirim informasi
2.      Penerima ,Yaitu pihak dimana ia menjadi tujuan untuk dikirimi pesan atau info oleh sumber (komunikator)
3.      Pesan ,Adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima (komunikan)
4.      Media ,Yaitu alat yang digunakan dalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi) dari sumber kepada penerima
5.      Efek  ,Yaitu sebuah pengaruh yang dipikirkan dan dirasakan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan
6.      Umpan ,Balik Yaitu sebuah bentuk tanggapan balik dari penerima setelah memperoleh pesan yang diterima

    B.     ARTI  PENTING  KOMUNIKASI

Komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, karena komunikasi adalah penghubung terjalinnya suatu interaksi didalam masyarakat.

Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin mengetahui lingkungan sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi.

Terdapat juga 3 fungsi dasar yang menjadi penyebab, mengapa manusia melakukan komunikasi  yaitu :
     ·         Hasrat manusia untuk mengontrol lingkungannya
     ·         Upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya
     ·         Upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi

       C.     JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI

Secara umum komunikasi ada 2 yaitu, komunikasi verbal dan non verbal:


a.  Komuikasi verbal 
    Komunikasi verbal adalah suatu kegiatan             percakapan atau penyampaian informasi yang     dilakukan oleh seseorang kepada orang lain,         baik secara lisan maupun tulisan. Misalnya,         berbicara, membaca buku, mendengarkan, dan     berpidato

      b. Komunikasi non verbal
   Komunikasi non verbal adalah penyampaian        pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non            verbal memberikan arti pada komunikasi              verbal. Misalnya melalui ekspresi             
   wajah(mimik), gerak tubuh(gesture),                    sentuhan,rintihan, dan gerak isyarat.




          D.    Proses komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikanpesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proseskomunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.

Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.

Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut:

·         Penginterpretasian
Merupakan proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budikomunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting

·         Penyandian adalah komunikator dari pesan yang bersifat abstrak berhasil diwujudkan oleh akal budi manusia ke dalam lambang komunikasi

·         Pengiriman adalah suatu momenketika komunikator melakukan tindakan komunikasi, mengirim lambangkomunikasi dengan peralatan jasmaniah (transmitter)

·         Perjalanan adalah Tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesanditerima oleh komunikan

·         Penerimaan adalah Tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniahkomunikan

·         Penyandian balik adalah Tahap ini terjadi pada diri komunikan sejak lambang komunikasi diterima melalui peralatan yang berfungsi sebagai receiver hingga akal budinya berhasil menguraikannya (decoding)

·         Penginterpretasian adalah tahap ini terjadi pada komunikan, sejak lambing komunikasi berhasil diuraikan dalam bentuk pesan


Skema proses komunikasi

Komunikasi dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1.    Proses komunikasi primer                                                                                      Prosespenyampaian pikiran oleh komunikator kepada komunikan menggunakan lambang  sebagai media
  2.     Proses komunikasi sekunder
       Proses penyampaian pesan dengan menggunakan alat setelah memakai  lambang sebagai  media pertama
  3.    Proses komunikasi linier
       Penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan sebagai titik  terminal
  4.    Proses komunikasi sirkular
       Terjadinya feedback atau umpan balik dari komunikan ke komunikator

    E.    Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang tepat sasaran , berhasil guna menyampaikan informasi atau menyampaikan tujuan informasi seperti,  menghibur, membujuk. Komunikasi efektif itu melibatkan kejelasan, perkataan langsung dan aktif mendengarkan. Komunikasi akan efektif jika informasi yang disampaikan dapat diterima dipahami sehingga mempunyai kesamaan persepsi.

Terdapat 5 kunci keberhasilan komunikasi efektif

1.      Tersenyum
2.      Berbicara dengan jelas
3.      Relax(santai)
4.      Variatif(tidak monoton)
5.      Dengar dan pahami

                Terdapat pula 5 hambatan komunikasi efektif  diantaranya:
                 
                  1.      Pesan tidak jelas menimbulkan persepsi lain
                  2.      Cara menyampaikan tidak tepat atau tidak disukai komunikan
                  3.      Komunikator dan komunikan tidak siap melakukan komunikasi
                  4.      Berbicara terlalu dan terlalu cepat
                  5.      Terlalu sering muncul gumaman


     F.    Implikasi Manajerial
      
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. Implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless) Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.

Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.


Proses pengerjaan



Sumber:
http://herisllubers.blogspot.co.id/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar